MakassarCerdas.com – Malino sebagai daerah pariwisata di kabupaten Gowa memiliki kekayaan alam yang luar biasa dengan beragam panorama yang ditawarkan. Pesona alam yang dimiliki dataran tinggi ini jika di dorong dengan potensi kreatifitas masyarakat tentu akan lebih memberikan warna baru bagi Malino, apalagi dengan melibatkan budaya lokal didalamnya.

Hal inilah yang kemudian menjadi strategi sekelompok pemuda kreatif Malino hingga akhirnya mendirikan Taman Seni Malino. Hal ini di ungkap oleh Khaerunnas, ketua terpilih pada Musyawarah Besar Taman Seni Malino yang di selenggarakan beberapa waktu yang lalu. ” Kehadiran Taman Seni Malino diharapkan menjadi ruang kreatif bagi masyarakat khususnya pemuda agar dapat memberikan warna baru bagi Malino”.

Taman Seni Malino yang berdiri pada awal November 2017 ini ternyata telah direncanakan sejak 2016 tetapi baru bisa terealisasi di tahun 2017. “Kami sebenarnya sudah setahun terakhir merencanakan mendirikan ruang kreatif ini tetapi baru terealisasi di bulan November tahun ini “, ungkap Khaerunnas. Sementara itu Alif Anggara sebagai akademisi seni dan budaya sekaligus salah satu pendiri Taman Seni Malino menambahkan bahwa pemuda yang tergabung dalam Taman Seni Malino adalah hasil dari deteksi kreatifitas pemuda. ” Kami saling mencari satu sama lain dan saling mengajak.

Mereka adalah pemuda kreatif yang dimiliki Malino yang memang telah terbukti dengan hasil karyanya tetapi selama ini tidak memiliki ruang kratif untuk berkarya.” Alif Anggara menambahkan bahwa “Taman Seni Malino kedepannya diharapkan menjadi ruang bagi pemuda Malino untuk bersama-sama melestarikan budaya lokal serta bersama-sama menciptakan karya seni yang memiliki nilai jual untuk meningkatkan pariwisata dan industri rumah tangga”.

Di akhir tahun 2017 ini Taman Seni Malino akan mengadakan kegiatan Kemah Budaya. Kegiatan ini adalah kegiatan perdana. “Insya Allah di akhir tahun ini kami akan membuat kegiatan Kemah Budaya untuk pertama kalinya. Kegiatan ini adalah upaya untuk merangsang pemuda Malino untuk melakukan kegiatan yang sifatnya positif, kreatif dan inovatif.” Ungkap Khaerunnas ketua umum Taman Seni Malino.

Malino yang memiliki potensi Sumber Daya Alam yang luar biasa jika barengi dengan potensi kreatifitas serta budaya lokal di dalamnya tentu akan menjadi daya tarik tersendiri dan mampu bersaing dengan tempat wisata lainnya di Indonesia.

Comments

comments

Load More By MakassarCerdas
Load More In Pariwisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Taman Seni Malino Merespon Pergantian Tahun Dengan “Assipakainga”

Makassarcerdas.com – Malino 31 Desember 2017. Euforia perayaan pergantian tahun di b…