Makassarcerdas.com, Makassar – Untuk sterilisasi makanan dan minuman buka puasa yang tersebar di pasar – pasar, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar kembali mengelar Inspeksi mendadak (sidak) di pedagang yang menjual makanan dan minuman untuk berbuka puasa di Pasar Terong, Jalan Terong Kecamatan Bontoala Kota Makassar , Sabtu (27/05).

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin mengatakan bahwa sidak ini merupakan agenda tahunan dari Dinas Kesehatan kota Makassar untuk mengecek memastikan makanan dan minuman yang tersebar di pasar itu tidak mengandung bahan yang berbahaya.

” kami (Dinas kesehatan Kota Makassar) sengaja turun sidak untuk mengecek makanan berbahaya di hari pertama puasa makanan yang mengandung boraks dan berformalin, bahkan bukan hanya hari ini, akan ada juga pengawasan disetelah ini,” ujar Naisyah Tun Azikin kepada Makassarcerdas.com.

Lebih lanjut, kata Naisyah, apabila terdaoat makanan atau minuman yang mencurigarakan, maka tim Terpadu bentukan Dinkes Makassar langsung melakukan uji Lab, untuk memeriksa bahan takjil, kandungan yang digunakan pada pedagang.

Sementara, Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Kesehatan Kota Makassar,  dr. Irma Hadade saat disela – sela sidak menghimbau agar masyarakat lebih jelih dalam memilih takjil, karena memurutnya, ancaman yang diakibatkan dari bahan berbahaya, seperti formalin dan Boraks, sangat berefek bagi kesehatan.

“Tentu sangat berbahaya efek nya, untuk mempermudah identifikasi, biasanya takjil tersebut mengandung pewarna tekstile, sementara takjil yang mengandung boraks, akan tahan lama dan tidak dihinggapi lalat,” tutur Irma Hadade.

 

 

Nwn

#BeSmartBeSafe

Comments

comments

Load More By MakassarCerdas
Load More In Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Iklan Layanan Masyarakat DPP FPBI -Jangan Buang Sampah ke Laut

Salam Bahari !!! Salam Bela Negara !!! Sampah Laut Semakin Menghawatirkan !!! Perilaku Bua…