Makassarcerdas.com, –  Sejumlah masalah akan terasa ringan bila diselesaikan secara bersama, inilah ungkapan yang digunakan oleh BKKBN Provinsi Sulsel yang menggandeng Kenterian Agama Sulsel dalam menyikapi dan berusaha menyelesaikan beberapa problematika yang ada di seputar keluarga, perkawinan, dan generasi muda khususnya yang memasuki usia nikah.

Salah satunya dengan melaksanakan Pelatihan penyiapan kehidupan berkeluarga calon pengantin (Catin) Bagi Petugas KUA Teladan tahun 2017 yang dilaksanakan di Hotel Denpasar Makassar selama 3 (tiga) hari 19 – 23 Mei 2017. Dimana Pesertanya dari 23 KUA di Sulsel yang merupakan KUA teladan di masing masing kabupaten Kota Se-Sulsel.

Ka.Kanwil Kemenag Sulsel yang didaulat menjadi salah satu pemateri utama dalam kesempatan tersebut, Abd. Wahid Tahir mengatakan, kalau Sakinah itu mengandung makna tenang, tentram, damai, terhormat, aman, nyaman, merasa dilindungi, dan penuh kasih sayang.

“Dan Keluarga Sakinah berarti keluarga yang semua anggotanya merasakan ketenangan, kedamaian, ketentraman, perlindungan, kebahagiaan, keberkahan dan penghargaan,” Jelas Abd.Tahir, Makassar, Senin (22/05).

Tahir juga menanmbahkan, dalam membangun sebuah keluarga yang pertama harus dilakukan adalah menyamakan visi dan misi termasuk menyepakati  pengaturan keuangan, rencana pendidikan serta masa depan keluarga.

“Keluarga merupakan pilar utama bagi bangsa kita, karenanya harus kuat dan kkokoh. Maka Untuk  mengokohkan tegaknya pilar keluarga yang harus dilakukan adalah Ciptakan 5 hal yaitu Komunikasi yang sehat, Transparansi, Kebersamaan, Hindari Perpecahan, dan yg paling utama harus selalu berusaha meningkatkan keimanan,” Papar Mantan Ka.Kankemenag Luwu Timur ini.

Contoh sederhana dalam hal komunikasi yg dalam ajaran Islam kata Dia, hal itu sudah tergambarkan seperti perkataan yang benar, baik, lemah lembut, pantas, efektif, dan perkataan yang mulia dan penuh penghormatan. Dan ini dibangun dari sejak merencanakan menjadi orangtua bahkan suami istri, simpel tapi kadang susah dilakoni.

“Selain itu, cara lain untuk mencapai keluarga sakinah, bilamana kedua belah fihak baik istri maupun suami tahu menempatkan posisinya dalam melaksanakan hak dan kewajibannya,” ungkap Ketua Forum  Kakanwil se Indonesia ini.

Dia juga berbagi Resep lain menuju keluarga sakinah adalah Ungkapkan keinginan, berempati pada pasangan saat bicara, hindari prasangka buruk terhadap pasangan, diskusikan setiap masalah yang ada, bersikaplah terbuka dalam segala hal.

Ada 6 kebahagiaan yang harus berusaha dicapai dan diwujudkan untuk menuju kepada keluarga sakinah, yaitu kebahagiaan material, seksual, intelektual, spiritual, ideologikal, dan semuanya didedikasikan untuk memperoleh keridhaan ilahi, pungkas beliau menutup Materinya.

 

 

Nwn

 

#BeSmartBeSafe

Comments

comments

Load More By MakassarCerdas
Load More In Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Iklan Layanan Masyarakat DPP FPBI -Jangan Buang Sampah ke Laut

Salam Bahari !!! Salam Bela Negara !!! Sampah Laut Semakin Menghawatirkan !!! Perilaku Bua…