MakassarCerdas.com – Saat sebagian mahasiswa dari berbagai kampus di Makassar turun ke jalan melakukan aksi unjuk rasa menyampaikan aspirasinya melalui orasi memperingati hari pendidikan nasional. Hal serupa turut dilakukan oleh Komunitas Peduli Anak Jalanan (KPAJ) Makassar. Namun aksi mereka berbeda, yakni merayakan hari pendidikan nasional bersama anak-anak yang ekonominya kurang mampu di pemukiman area BTP Pacerakang, Makassar. Rabu (3/5/17)

Ketua Tim Aksi KPAJ Yasjudan mengatakan, aksi ini menjadi ajang kreativitas bagi santri KPAJ dengan turun langsung melihat anak-anak binaan yang membutuhkan pendidikan. Disebutkan, Yasjudan, hari pendidikan nasional diisi dengan serangkaian lomba, seperti omba cerdas cermat, lomba puisi “Guru”, lomba menggambar dan mewarnai Logo KPAJ. Lomba dimulai sekita pukul 16.00-18.00 sore tadi.

“Harapan kami semoga adanya kegiatan ini membuat adik binaan bertambah semanngat dalam belajar dan mereka mengerti arti pentingnya pendidikan,” kata Yasjudan.

Sementara itu, Pembina KPAJ Ahmad Yani mengatakan, dalam aksi memperingati hari pendidikan diikuti sebanyak 40 anak yang merupakan anak binaan Komunitas KPAJ. Diantara 40 anak binaan, sebut Yani, hanya 2 yang sekolah, 38 lainnya lebih memilih memulung, meminta-minta, jual tissu atau koran.

“Alahamdulillah, sekarang sudah  5 tahun adanya KPAJ adik binaan sudah banyak yang kembali bersekolah,” beber Yani kepada MakassarCerdas.com belum lama ini. Ia berharap di momen hari pendidikan ini, semoga masyarakat kota Makassar yang terdidik peduli akan pentingnya kepedulian kepada anak jalanan kota Makassar.

“Aksi tadi melibatkan 40 adik binaan area BTP, 20 adik binaan Fly Over dan 20 adik binaan Masjid Al Markaz,” kata Yani.

Selain itu, memasuki bulan suci Ramadan nanti, kata Yani, pihaknya akan menjadikan kolom Flyover Jalan Urip Sumoharjo, lokasi aksi yang akan dilaksnaakn pada 17 ramadhan nanti.

Dengan item kegiatan, pesantren kilat, lomba (adzan, mewarnai,  hafalan surah pendek, hafalan doa sehari-hari, dai cilik,  rangking satu) dan buka puasa bersama.

“Teman-teman KPAJ sudah melakukan survey lokasi kegiatan tim aksi KPAJ yang juga langsung menunjukkan aksi nyata. Kepeduliaan mereka bukan hanya semata formalitas namun sebuah aksi nyata berbagi kepada adik binaan,” pungkas alumnus Fakultas Sastra UMI ini.

 

NWN

#BeSmartBeSafe

 

Comments

comments

Load More By MakassarCerdas
Load More In Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Iklan Layanan Masyarakat DPP FPBI -Jangan Buang Sampah ke Laut

Salam Bahari !!! Salam Bela Negara !!! Sampah Laut Semakin Menghawatirkan !!! Perilaku Bua…