Makassarcerdas.com – Masih tentang cerita seputar perayaan May! Yang konon kabarnya berasal dari negeri jauh disana. Semangat itulah tertular kemana-mana, menyelimuti cita-cita kemenangan dari para pekerja di seluruh dunia.Di indonesia perayaan besar ini terlihat di berbagai daerah ibukota propinsi bahkan hingga ke beberapa kabupaten,,,,

Nah,,,,, saya mau cerita tentang perhelatan hari buruh ini yang ada di kota Makassar yang tercinta, saya coba berselancar sedikit dengan gaya salto dan koprol saya untuk mencari jejak perayaan MayDay Makassar lewat papan selancar gratis yang disiapkan paman-tante google…

Hasilnya  adalah…….tedededettttttt…….

Di sana sini berseliweran kabar tentangnya, bahkan menjadi trending topik di semua lini media massa.  Yahhh wajar sih namanya juga event tahunan yang ramai pastinya semua orang mau terlibat di dalamnya dan semua dengan cara dan gayanya  sendiri tul gak men……..

Oke, saya lanjutkan dulu ceritaku nah…. jadi setelah saya salto-salto ria dengan papan pinjaman paman-tante, saya agak terkejut dan sedikit sinis, melihat satu judul berita yang menurut saya…. kok bisa aneh begitu????? Anehku deh,,,,eh Anehmu dehhh …….

Kenapa yah aksi yang harusnya hanya milik para pekerja A.k.a Buruh di kota  Daeng malah menurut saya tidak menjadi hari perayaan para buruh, hahahahaha……..

Aneh toh,,,,,?!?

Apanya yang aneh mas???

Wadduh, belum sampai cerita tenyata…..

Bukan bermaksud bertele-tele yah,,, hanya menambahkan intro ji di sela kesibukan membaca berita terhangat ini,,,,,, hehehehehe………….

Jadi langsung saja yah saya ceritakan ini yah…. saya sempat membaca opini seorang kawan yg menulis tentang apa itu May Day??…..

Perayaan besar ini di kota makassar mendapatkan pengamanan dari sekitar 2000an petugas keamanan yang disiapkan oleh TNI dan POLRI, aksinya memiliki beberapa tuntutan yaitu; membubarkan BPJS, Membubarkan Praktek Outsourcing, Perlindungan Sosial untuk Masyarakat tanpa Syarat dan, yang pastinya kenaikan upah para pahlawan negara ini. Pekerja!

Tempat pelaksanaan aksi ini  di pusatkan di bawah jembatan layang yang berada di perempatan Toll Reformasi, Pettarani dan, Jl. Urip Sumoharjo,,,,

Melihat sesuatu yang menarik adalah, perayaan MayDay yang ikut dirayakan oleh perusahaan milik negara (BUMN) PT. Pelindo IV Wilayah makassar, ini baru UNIK… yahh itu unik menurutku karena perayaannya jauh berbeda dengan perayaaan yang dilakukan dengan menyampaikan aneka tuntutan para pahlawan bangsa masa kini itu,,,

Alih-alih melakukan aksi solidaritas pekerja seperti yang terjadi di berbagai tempat dengan aksi membacakan tuntutan, mereka melakukan program sosial yang membingkai atau setidaknya me Makeup wajah dari perayaan aksi para pekerja ini,,, yah mirip kayak baktisosial sajatapi ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, Mayday tidak begitu kan ????

Para petinggi BUMN itu kok mengakomodasi hari menuntut hak para pekerja dengan aksi sosial??? Mirip PseudoMayDay…

Jadinya kan nggak unik yah,,, malah aneh hehehhehehehe…………

Kenapa nggak unik, Kok aneh???

Karena peristiwa di atas mirip saja dengan sejarah awal dari MayDay parade itu, yah,,, meskipun dalam tampilan berbeda, perayaan hari libur yang dilakukan bangsa pagan dengan melakukan perayaan besar-besaran dengan menari dan bergembira bersama, mirip dengan yang dilakukan perusahaan yang katanya mengakomodasi perayaan Hari Buruh Internasional,,, heheheh aneh kan….

“MayDay bukan acara Philantrophy yang mirip acara bagi-bagi sembako”

MayDay Adalah hari Tuntutan!!!

MayDay Adalah hari Perlawanan!!!

MayDay Adalah hari Pahlawan, Pahlawan bangsa MASA KINI!!!

 

Muh. Resa Yudianto S

#BeSmartBeSafe

 

 

Comments

comments

Load More By MakassarCerdas
Load More In Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Iklan Layanan Masyarakat DPP FPBI -Jangan Buang Sampah ke Laut

Salam Bahari !!! Salam Bela Negara !!! Sampah Laut Semakin Menghawatirkan !!! Perilaku Bua…