MakassarCerdas.com – Ibu ini bernama Fatmawati, ia berumur 48 tahun dan tinggal di rumah susun yayasan Kalla Makassar. Dengan berbagai ketakutan yang sementara menyelimutinya, ia memberanikan diri untuk menceritakan penderitaan yang di alaminya dihadapan Mentri Pemberdayaan perempuan dan Perlindungan Anak RI Yohana Yembise.

Semangatnya mulai muncul kembali ketika Yohanna berkunjung ke tempatnya dalam acara jelajah 3Ends di kawasan Yayasan Kalla, kelurahan Panambungan, Kecamatan Mariso, Jalan Metro Tanjung Bunga, Makassar (23/04/2017).

Dengan tegap berdiri ia berucap, “Ibu mentri saya ini adalah ibu rumah tangga yang setiap harinya mengalami kekerasan dari suami saya seperti pemukulan,” jelas Ibu Fatmawati kepada Yohana.

Ibu yang memiliki latar belakang pekerjaan sebagai pencuci pakaian ini menjelaskan situasi rumah tangganya yang tengah dalam tekanan Ekonomi. Menurutnya penghasilan suaminya (Ramli 50 tahun) itu yang hanya bisa membawa uang 100 ribu perhari dengan perbandingan kebutuhan 5 orang anak di tambah suami istri, tentu kata Fatmawati itu sangat tidak cukup.

“Nah kalau pulang baru bawa uang 100 ribu baru anak ada 5 pasti itu tidak cukup, setelah itu kalau pas makan baru tidak enak dia rasa, hancur semua barang barang di kasi peccah, apa daya kita, kita ini perempuan yang lemah,” eluh Ibu 5 orang anak kepada awak makassarCerdas.com.

Setelah mendengar keluhan perempuan ini, Yohana Yambise langsung meresponnya dengan berkata, ” ibu harus kuat, kalau perlu lawan ibu, kasi tahu suaminya, bahwa ibu juga bisa menghasilkan uang,” jelas Mentri Pemberdayaan perempuan dan Perlindungan Anak RI itu.

Lebih lanjut Yohana, seandainya masih ada kejadian kekerasan seperti itu, kata Mentri Perempuan ini, silahkan langsung melapor ke pihak berwajib, nantinya sang pelaku akan dapat hukuman setimpal atas apa yang diperbuat.

“Tidak usah takut, bisa langsung dilaporkan, ada banyak peraturan di negara ini yang mengatur tentang kekerasan kepada perempuan, ada juga tentang kekerasan rumah tangga, jadi tinggal lapor saja,” tutur Yohana.

Diketahui hingga kini Ramli (Suami Fatmawati) telah pergi entah kemana meninggalkan Fatmawati beserta ke 5 orang anaknya.

 

Penulis : Nwn

BeSmart BeSafe

 

Comments

comments

Load More By MakassarCerdas
Load More In Lokal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Iklan Layanan Masyarakat DPP FPBI -Jangan Buang Sampah ke Laut

Salam Bahari !!! Salam Bela Negara !!! Sampah Laut Semakin Menghawatirkan !!! Perilaku Bua…