Makassarcerdas.com – ​Indonesia adalah salah satu negara yang masyarakatnya memiliki latar belakang kehidupan dan sistem sosial yang berbeda beda. terkhususnya dalam hal budaya.

Dulunya produk budaya dianggap sesuatu yang kolot dan ketinggalan jauh dari perkembangan global, namun hari ini semua itu terbantahkan dengan adanya tas samping produk kearifan lokal papua yang bernama Noken. Sebagian besar orang hanya mengetahui nama-nama tas bermerek seperti Hermes, Mk , Gucci dan lain-lain.

Namun tahukah kita tentang produk budaya lokal yang satu ini. Noken ini biasanya terbuat dari kulit bebepara jenis tanaman seperti maduam, nawa, anggrek, hutan, atau genemo. Setelah melalui beberapa proses yang juga sangat tradisional noken sudah bisa di produksi.

Cara merajut noken pada umumnya mirip dengan cara merajut crochet yang di kembangkan di Eropa. Produk kearifan lokal yang asli karya tangan ibu-ibu papua dulunya hanya dipakai untuk mengangkut hasil kebun dan ternak, namun seiring perkembangan zaman Noken kini berubah wujud menjadi sesuatu yang cukup bernilai jual tinggi.

Pengguna Noken di masa lalu adalah ibu-ibu papua, namun kini hampir semua kalangan menggunakan itu mulai dari seniman, budayawan, mahasiswa, dosen, pekerja kantoran, dan lain lain.

Rajutan kulit kayu ini sejak tanggal 4 desember 2012 masuk dalam daftar UNESCO sebagai warisan budaya dunia di indonesia setelah kain batik.

harga noken sendiri berkisar Rp 100.000 – Rp 500.000 dan penjualannya sudah menembus kanca dunia.
Jadi untuk kalian yang mau tampil modern tetapi tetap menunjukan eksistensi budaya lokal jangan lupa untuk memiliki noken.

 

Penulis: Gunawan S

Editor: Nwn

 

Comments

comments

Load More By MakassarCerdas
Load More In Wonderfull Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Iklan Layanan Masyarakat DPP FPBI -Jangan Buang Sampah ke Laut

Salam Bahari !!! Salam Bela Negara !!! Sampah Laut Semakin Menghawatirkan !!! Perilaku Bua…